Gout atau Sakit Asam Urat adalah jenis penyakit artritis yang disebabkan meningkatnya asam urat dalam darah dan urine. Kadar normal asam urat yaitu 3.5 – 7 mg/dl bagi pria dan 2.6 – 6 mg/dl bagi wanita. Kadar asam urat yang lebih tinggi dari normal (hyperuricaemia) membentuk timbunan kristal garam urat (monosodium urate) di persendian yang menyebabkan peradangan sendi.

Peningkatan asam urat dalam darah terkait dengan sejenis protein yang dinamakan Purin. Purin diubah dalam tubuh diubah menjadi asam urat yang sebenarnya berperan sebagai antioksidan dan regenerasi sel. Asupan purin dari makanan yang terlalu tinggi akan membebani kemampuan ginjal untuk membuang asam urat lewat urine.

Berikut 3 klasifikasi makanan yang mengandung Purin:

  1. Kelompok Makanan Berkadar Purin Tinggi (100-1000mg purin/100mg bahan pangan)
    • Makanan dalam kelompok ini yaitu otak, hati, jantung, ginjal, jeroan, ekstrak daging/kaldu, bebek, burung dara, sarden, makarel, remis, kerang, ikan teri, alkohol, ragi (makanan yang diawetkan ragi). Kelompok makanan ini sebaiknya dihindari.
  2. Kelompok Makanan Berkadar Purin Sedang (50-100 mg purin/100mg bahan pangan)
    • Makanan dalam kelompok ini yaitu daging sapi, ayam, ikan, udang, kacang-kacangan kering dan hasil olahannya, seperti tahu, tempe, asparagus, bayam, daun singkong, kembang kol, kangkung, daun dan buah melinjo, buncis, kapri, dan jamur. Kelompok makan ini sebaiknya dibatasi 50-75 gram / hari.
  3. Kelompok Makanan Berkadar Purin Rendah (<50mg purin/100mg bahan pangan)
    • Makanan dalam kelompok ini Nasi, singkong, jagung, roti whole wheat, mie, susu low fat, telur, buah-buahan (kecuali durian & alpukat), dan sayuran (kecuali sayuran dalam kelompok II). Kelompok makanan ini dapat dimakan setiap hari.

Tanaman Herbal untuk Detoksifikasi dan Sakit Asam Urat

Beberapa herbal alami yang dtemukan di alam yaitu Daun Sirsak, Mahkota Dewa, Daun Salam, Sereh dan Kapulaga dapat digunakan untuk membantu menurunkan asam urat, mengatasi inflamasi dan rasa sakit dan membantu proses detoksifikasi.

detoksifikasi

Daun Sirsak (Annona muricata L), Mahkota Dewa (Phaleria macrocarpa) dan Daun Salam (Syzygium polyanthum) mengandung senyawa aktif yang berperan untuk menurunkan kadar asam urat berlebihan dalam darah (hyperuricaemia) dan menghambat proses pembentukan asam urat dari purin di dalam tubuh. (Sumber: www.link.springer.com, www.repository.ipb.ac.id dan www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed)

Mahkota Dewa, Daun Salam dan Sereh (Cymbopogon citratus) memiliki senyawa aktif yang mampu menghambat terjadinya peradangan sehingga bermanfaat untuk mengurangi pembengkakan yang sering terjadi saat asam urat menyerang. (Sumber: www.worldsciencepublisher.org, www.publikasiilmiah.ums.ac.id, dan www.sehatraga.com).

detoksifikasi

Sereh dan Kapulaga (Amomum compactum) mengandung senyawa aktif yang membantu mengurangi rasa sakit dan meningkatkan kerja ginjal untuk membuang asam urat berlebih serta toxin lainnya dari dalam tubuh. (Sumber: www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed)

Gout atau Sakit Asam Urat adalah salah satu penyakit medis yang paling sering tercatat sepanjang sejarah. Penelitian terbaru menunjukkan Gout telah menjadi lebih umum di Amerika Serikat dalam dua dekade terakhir, sebagian disebabkan obesitas dan tekanan darah tinggi. Kondisi tersebut mempengaruhi sekitar 8,3 juta atau 4% dari populasi penduduk di Amerika Serikat.

Memperkenalkan Sentafiton – Kombinasi 5 Ekstrak Herbal Untuk Detoksifikasi dan Asam Urat

detoksifikasi
Klik Gambar Sentafiton untuk Membeli Sekarang!

Beli Produk untuk Asam Urat di Lazada!