Seiring dengan semakin banyaknya jumlah lulusan sekolah menengah, politeknik dan perguruan tinggi, mendapatkan pekerjaan menjadi semakin sulit. Untuk melamar pekerjaan, Anda terlebih dahulu membuat resume riwayat pekerjaan sebaik dan semenarik mungkin. Kemudian, Anda harus mencetak dan mengumpulkan dokumen-dokumen pendukung selengkap-lengkapnya dan serapi-rapinya. Selanjutnya, Anda belajar untuk ujian psikotes. Namun seringkali, bukan sederetan tugas dan tes tertulis yang membuat Anda gagal, tetapi ketika Anda menghadapi pertanyaan-pertanyaan saat wawancara. Artikel ini akan menjelaskan 30 pertanyaan wawancara kerja yang paling sering muncul dan tips cara menjawabnya.

pertanyaan wawancara kerjaAnda akan mempunyai kesempatan yang lebih besar untuk lulus tes wawancara kerja jika Anda melakukan persiapan. Hal ini terutama disebabkan tingkat stress yang cukup tinggi bagi sebagian orang. Coba Anda tonton acara “The Apprentice” (lihat foto di samping dan cover artikel), Anda bisa melihat stress-nya kandidat saat wawancara. Hal lainnya adalah tuntutan untuk memberikan jawaban yang tepat dan cerdas untuk setiap pertanyaan. Pertanyaan-pertanyaan wawancara kerja biasanya tersamar dan tidak spesifik, namun sisi positifnya, hal ini memberikan ruang bagi Anda untuk menjelaskan sisi terbaik Anda.

Artikel ini tidak memberikan isi jawaban yang langsung dapat digunakan karena dapat mempersempit ruang gerak Anda. Pada saat menggunakan panduan ini, tempatkan diri Anda sebagai pewawancara dan bayangkan bagaimana Anda dapat melihat sisi terbaik Anda sendiri. Berikut pertanyaan dan cara menjawabnya:

1. Coba Anda ceritakan tentang diri Anda?

Silahkan Anda menceritakan tentang diri Anda, tetapi jangan lupa untuk membatasi hanya pada hal-hal yang terkait dengan kerja. Jangan pernah membahas hal pribadi kecuali jika pewawancara menanyakan hal itu.

2. Sebutkan apa kekuatan Anda?

Untuk menjawabnya, buatlah daftar semua kekuatan/kelebihan Anda beserta contoh yang mencerminkan kekuatan Anda tersebut.

3. Sebutkan apa kelemahan Anda?

Berlawanan dengan pertanyaan, janganlah mencoba untuk menyebutkan semua kelemahan apalagi penyimpangan kepribadian Anda. Kutiplah salah satu kelemahan kecil yang mungkin konyol yang seringkali justru menjadi kekuatan Anda dalam menyelesaikan pekerjaan.

4. Mengapa Anda meninggalkan pekerjaan terakhir Anda?

Jawab pertanyaan wawancara kerja seperti ini dengan hal positif seperti “saya ingin mengejar kesempatan berkembang di perusahaan yang lebih baik”. Batasi penjelasan Anda tetap berada pada keinginan untuk mendapatkan peluang yang lebih baik.

5. Apa yang Anda ketahui tentang pekerjaan perusahaan kami?

Sebelum datang ke suatu tes wawancara, Anda sebaiknya selalu mempelajari perusahaan yang memanggil Anda misalnya melalui situs perusahaan. Hal ini tentunya juga untuk meyakinkan bahwa Anda benar-benar berminat bekerja di perusahaan tersebut. Keseriusan Anda untuk melamar pekerjaan juga tercermin dari penampilan Anda saat wawancara. Karena itu, ketahui juga busana untuk kesan terbaik saat wawancara untuk pria dan bagi wanita, ketahui padu padan busana terbaik untuk sesi wawancara Anda.

6. Apakah Anda seorang pemain tim?

Jawablah dengan nada tegas “ya” untuk pertanyaan ini. Berikan berbagai contoh di mana Anda telah berhasil memenuhi tenggat waktu proyek sebagai sebuah tim.

7. Mengapa Anda berpikir akan berhasil dalam pekerjaan ini?

Uraikan ketrampilan dan pengalaman Anda di tempat kerja sebelumnya serta contoh hal yang pernah Anda lakukan saat suatu situasi krisis untuk meyakinkan mereka bahwa Anda adalah orang yang tepat.

8. Apa harapan Anda dari pekerjaan / perusahaan ini?

Bicaralah dengan cukup bebas seolah-olah Anda sudah dipekerjakan oleh perusahaan. Tambahkan bahwa Anda menyukai sedikit kebebasan berinovasi dalam bekerja dibandingkan hanya mengerjakan hal kecil yang rutin.

9. Mengapa kami harus memilih Anda?

Latihlah diri Anda untuk dapat berbicara dengan nada tenang dan komunikasikan kepada pewawancara bahwa Anda membutuhkan pekerjaan tersebut sama seperti perusahaan membutuhkan Anda. Sebaiknya Anda tidak membandingkan diri Anda dengan peserta tes lainnya.

10. Ceritakan kemampuan Anda untuk bekerja di bawah tekanan?

Jawab pertanyaan wawancara kerja seperti ini dengan menyebutkan beberapa contoh dimana Anda dapat berkembang di bawah tekanan dan mencapai hasil yang lebih baik.

11. Apa yang memotivasi Anda untuk melakukan yang terbaik?

Jangan menjawab pertanyaan ini dengan jawaban yang terlalu lugu seperti gaji. Kutiplah beberapa hal positif misalnya seperti lingkungan kerja, disiplin dan integritas.

12. Apakah Anda bersedia menempatkan kepentingan perusahaan di atas kepentingan Anda?

Jawablah “ya” pada pertanyaan ini dengan nada tenang dan langsung. Pertanyaan Ini bertujuan melihat seberapa jauh Anda berintegrasi dengan perusahaan dan seberapa serius Anda untuk memenuhi dan mencapai tujuan perusahaan.

13. Bagaimana Anda melihat diri Anda lima tahun dari sekarang?

Jawablah pertanyaan ini dengan gambaran diri Anda yang relevan dengan apa yang tertulis di dalam resume riwayat pekerjaan. Latihlah diri Anda seolah-olah Anda adalah orang yang memiliki visi.

14. Ceritakan tentang pekerjaan impian Anda?

Jangan terlalu bersemangat untuk mengungkapkan impian-impian Anda untuk menjawab pertanyaan wawancara kerja seperti ini. Sebaiknya sebutkan jawaban-jawaban umum seperti lingkungan kerja yang bersahabat dan jawaban lain yang serupa.

15. Apa kata rekan kerja tentang karakter Anda?

Sebutkan beberapa pujian yang biasa Anda terima dari rekan kerja Anda namun berhati-hatilah agar Anda tidak terlihat terlalu melebih-lebihkan.

16. Posisi apa yang Anda pilih saat Anda bekerja dalam tim untuk suatu proyek?

Jawablah pertanyaan ini dengan menjelaskan bahwa Anda cukup fleksibel dan tidak berkeberatan apakah Anda harus mengikuti instruksi atau menjadi pemimpin.

17. Apa yang menurut atasan Anda sebelumnya tentang poin terkuat Anda?

Ingatlah kembali beberapa situasi kritis yang terjadi di tempat kerja Anda sebelumnya dan Anda mendapatkan pujian dari atasan Anda. Tunjukkan surat rekomendasi atau penghargaan, jika ada.

Beberapa buku ini sangat penting untuk dimiliki! 

Lowongan Kerja? Klik Situs Informasi Lowongan Kerja 2017 terbaru – Sentrakerja

18. Apa yang dapat Anda tawarkan untuk mengkompensasi kurangnya pengalaman?

Pertanyaan wawancara kerja seperti ini biasa ditanyakan pada lulusan baru atau pelamar dengan pengalaman kerja sedikit. Untuk menjawabnya, sebutkan dengan percaya diri, beberapa ketrampilan dan prestasi yang Anda telah peroleh. Sebutkan juga beberapa pekerjaan serupa yang Anda lakukan selama di sekolah atau perguruan tinggi.

19. Kualitas apa yang Anda cari dari seorang atasan?

Hati-hati untuk tidak mengatakan hal-hal yang spesifik. Jawablah dengan mengatakan beberapa hal positif seperti kompeten, adil dan suportif.

20. Apa yang telah Anda pelajari dari kesalahan dalam pekerjaan?

Jawablah pertanyaan ini dengan mengungkapkan kejadian atau permasalahan yang cukup besar yang pernah terjadi akibat suatu kesalahan kemudian ungkapkan banyak hal apa-apa saja yang telah dipelajari dari kejadian tersebut.

21. Bagaimana Anda menangani kritik?

Latihlah Anda untuk mengungkapkan seolah-olah kritik adalah cara terbaik untuk memperbaiki diri. Katakan bahwa Anda tidak pernah mengambil kritik secara pribadi dan kutiplah beberapa contoh kemampuan Anda dalam penanganan kritik.

22. Mengapa Anda menganggur untuk waktu yang cukup lama?

Apabila Anda sempat lama tidak mempunyai pekerjaan, pertanyaan ini seringkali muncul. Cara terbaik untuk menjawabnya adalah dengan menyebutkan aktivitas produktif yang telah Anda lakukan selama Anda tidak bekerja, misalnya seperti menghadiri kursus, pelatihan dan lain-lain.

23. Berapa lama Anda berharap bekerja untuk kami jika dipekerjakan?

Jangan menjawab terlalu spesifik, pertanyaan wawancara kerja seperti ini, dengan menyebutkan suatu jangka waktu tertentu. Jawaban realistis seperti “selama kedua pihak merasakan manfaat dan dapat saling berkembang” bisa menjadi jawaban yang baik.

24. Jelaskan gaya memimpin Anda?

Apabila Anda melamar sebagai pemimpin suatu unit kerja atau calon pimpinan, pertanyaan ini seringkali muncul. Cobalah menjawab dengan memperlihatkan bahwa Anda mampu membuat pendengar memahami apa maksud Anda serta mampu memberikan penekanan pada hal-hal penting yang menjadi kepentingan tim kerja.

25. Apa etos-etos Anda terhadap pekerjaan?

Biasanya pelamar akan menyebutkan beberapa kata sifat untuk menjawab pertanyaan seperti ini. Cobalah untuk lebih kreatif dengan menjelaskan nilai-nilai yang sudah Anda adopsi di tempat kerja dan energi yang bisa Anda bawa ke dalam tim.

26. Apakah Anda menganggap diri Anda sukses?

Katakan “ya”. Kesuksesan tidak berarti menguasai seluruh dunia. Ungkapkan pencapaian-pencapaian utama Anda dari saat pendidikan sampai saat ini.

27. Apa yang mengganggu Anda tentang rekan kerja?

Untuk merespon pertanyaan ini, beritahukan bahwa Anda bisa bergaul dengan semua rekan kerja. Tambahkan bahwa Anda juga mampu menyesuaikan diri setiap saat dan dapat menangani hal-hal sulit dengan baik.

28. Apa yang lebih penting bagi Anda: uang atau pekerjaan?

Jawablah bahwa keduanya penting bagi Anda. Usahakan untuk tidak terdengar terlalu murah hati atau sebaliknya. Bersikaplah jujur mengenai kebutuhan Anda terhadap setiap aspek.

29. Apakah Anda memiliki pertanyaan untuk saya?

Pertanyaan ini hampir selalu muncul dalam setiap wawancara kerja. Buatlah daftar pertanyaan sebelum datang ke sesi wawancara. Perhatikan dan tanggapi setiap jawaban yang diberikan. Tunjukkan bahwa Anda sangat berminat dengan perusahaan tersebut.

30. Apa pendapat Anda tentang perusahaan terakhir tempat Anda bekerja?

Jawablah pertanyaan ini dengan memperlihatkan bahwa perusahaan sebelumnya adalah media yang baik yang membantu Anda dalam meningkatkan keterampilan. Hindari hal-hal negatif apa pun bahkan jika pertanyaan yang diberikan sangat spesifik.

Nah, demikianlah 30 pertanyaan wawancara kerja yang paling sering muncul. Silahkan dipelajari dan dilatih agar Anda terlihat alami dan tidak dibuat-buat ketika menjawab. Diingatkan kembali, penampilan memberikan pengaruh 70% atas kesan yang timbul pada Anda, artinya sangat besar pengaruhnya. Karena itu, ketahui juga tips berbusana untuk kesan terbaik saat wawancara bagi pria dan bagi wanita, ketahui padu padan busana terbaik untuk sesi wawancara Anda.

Membeli saja tidak cukup. Buka bukunya dan berlatih!

Lowongan Kerja? Klik Situs Informasi Lowongan Kerja 2017 terbaru – Sentrakerja

Sukses selalu untuk Anda!