Wawancara kerja adalah saat-saat yang sangat menegangkan, sedangkan di sisi lain, Anda ingin memberi kesan yang terbaik. Pakaian tentunya adalah salah satu yang harus Anda perhatikan, dan bicara soal pakaian, kebanyakan perusahaan masih konservatif. Karena itu, sangat penting untuk berpakaian profesional dan menarik namun tetap pas dengan budaya perusahaan. Artikel ini akan menjelaskan 15 langkah untuk memilih setelan baju kerja wanita untuk menghadapi tes wawancara.

Bantu pasangan Anda. Baca juga artikel tips penampilan baju wawancara kerja untuk pria dan baca juga artikel 30 pertanyaan wawancara kerja yang paling sering muncul untuk meyakinkan Anda lulus tes wawancara ini. 

 Langkah 1 

Jika Anda sempat, kunjungi ataupun cari tahu lebih banyak tentang perusahaan tempat Anda akan melakukan tes wawancara. Amati budaya baju kerja wanita di perusahaan tersebut seperti:

  • Apakah kebanyakan wanita memakai rok atau celana.
  • Seberapa santai baju kerja wanita di kantor tersebut. Hindari wawancara pada hari Jumat, karena biasanya kantor-kantor akan berpakaian santai.
  • Lihat apakah kebanyakan wanita di sana memakai kaus kaki atau stocking.
  • Perhatikan juga seperti apa wanita di perusahaan itu menggunakan perhiasan atau asesoris lainnya.

 Langkah 2 

Luangkan waktu untuk melihat perusahaan tersebut di media sosial. Dengan melihat postingan-postingan perusahaan ataupun karyawannya, Anda bisa mendapatkan informasi baju kerja wanita seperti apa yang dikenakan di perusahaan tersebut.

 Langkah 3 

Tanyakan kepada perwakilan SDM perusahaan tentang jenis pakaian apa yang sesuai untuk perusahaan itu. Jika Anda mendapatkan undangan wawancara melalui email, tambahkan baris di email balasan Anda misalnya “Tolong beri saya saran apa yang biasanya dipakai untuk wawancara kerja di perusahaan Anda”

 Langkah 4 

Pertimbangkan jenis industri perusahaan tempat Anda akan tes wawancara. Jenis industri akan mempengaruhi cara karyawan di perusahaan tersebut berpakaian, misalnya cara berpakaian perusahaan logistik akan berbeda dari perusahaan keuangan. Dengan demikian, Anda mungkin tidak ingin datang ke suatu wawancara pekerjaan perawat dengan sepatu hak tinggi atau menunjukkan tindikan atau tato, saat Anda melamar pekerjaan sebagai guru.

 Langkah 5 

Niatkan untuk melakukan lebih dibandingkan pakaian kerja Anda sehari-hari dalam arti lebih profesional. Setelah Anda mengetahui baju kerja wanita di perusahaan itu, tugas Anda adalah untuk berpakaian lebih baik daripada yang mereka kenakan. Misalnya, jika mereka memakai celana atau rok dengan kemeja dan stocking, Anda harus memakai setelan jas atau blazer dan stocking.

 Langkah 6 

Pilih setelan jas atau blazer sebagai pilihan awal, terutama jika Anda tidak yakin akan memakai pakaian apa. Anda dapat memasangkan jas itu dengan rok atau celana, terserah Anda. Namun, untuk jenis perusahaan yang konservatif lebih baik memilih rok.

baju kerja wanita

Klik »» Vangull Single Button Plaid – Accent Double Button Stone – Accent Double Button Black Vangull Single Button Black

Pilihlah jas yang sesuai dengan Anda dan jangan terlalu mencolok. Pilih warna-warna yang gelap seperti Navy atau abu-abu gelap dan belilah kualitas terbaik yang Anda mampu. Merek terkenal akan membuat Anda diperhatikan, namun tidak harus dilakukan. Pilihlah rok dengan panjang selutut, jika Anda memakai rok yang lebih panjang, hindari rok yang mengembang.

Baju Kerja Wanita

Klik »» Accent Skirt Charcoal – Accent Skirt Black – Accent Pants Black Universal Pants Dark Grey

 Langkah 7 

Jaga padu padan baju Anda sederhana. Kemeja atau blus dengan warna-warna netral, seperti putih, krem, abu-abu, atau hitam merupakan pilihan terbaik. Anda juga dapat memakai shell atau knit top, di bawah jas Anda, asalkan terlihat sopan dan profesional.

 Langkah 8 

Jika Anda melamar ke perusahaan di indutri yang tidak konservatif atau Anda memilih untuk tidak menggunakan jas, pastikan Anda tetap memakai pakaian yang berkelas dan anggun. Sebagai contoh adalah sweater berwarna gelap dipadankan dengan celana yang sesuai. Jika Anda ingin mengenakan kemeja, pakailah jenis button-down berkerah. Hindari pakaian dengan rancangan atau motif yang terlalu mencolok.

baju kerja wanita

Klik »» Accent Caroline Beige – Accent Briona Fuschia – Accent Chaterine Sage Accent Celia Off White

Usahakan untuk selalu memilih pakaian dengan bahan yang berkualitas tinggi. Anda tidak perlu membeli merek yang mahal, namun pastikan terbuat dari bahan berkualitas yang tentunya juga akan bertahan lama. Jangan lupakan detail seperti benang yang terlepas, noda, lubang serta bulu atau serat yang menempel pada pakaian Anda.

Jauhi mencoba tampil seksi saat wawancara karena saat ini, Anda butuh untuk terlihat profesional. Baju kerja wanita yang menyebabkan belahan dada Anda sekilas terlihat ataupun rok yang terlalu tinggi dapat membuat Anda kehilangan pekerjaan yang Anda inginkan.

 Langkah 9 

baju kerja wanita
Klik »» Elaslim – As Seen On TV

Beberapa perusahaan mengharapkan Anda untuk memakai stocking dan beberapa yang lain tidak perduli. Jika Anda tidak yakin, sebaiknya Anda mengenakan stocking.

 Langkah 10 

Jangan menggunakan jins. Sekalipun perusahaan itu kasual, jangan memakai jins untuk wawancara. Anda tentu ingin terlihat serius untuk mendapatkan pekerjaan yang ditawarkan dan juga ingin terlihat sebagai seorang profesional.

 Langkah 11 

Pastikan pakaian Anda bersih dan rapi. Periksalah seminggu sebelum wawancara untuk melihat apakah Anda perlu membawanya ke binatu untuk dicuci dan disetrika.

 Langkah 12 

Pilih sepatu yang konservatif namun tetap mudah untuk digunakan berjalan. Sepatu mid-heel pump adalah pilihan yang abadi. Jika Anda tidak menyukai sepatu dengan hak, Anda juga dapat menggunakan sepatu yang rendah dan basic. Sesuaikan jenis sepatu dengan jenis industri perusahaan, misalnya untuk industri fashion, Anda mungkin ingin memilih hak yang lebih tinggi sedangkan untuk industri pendidikan, lebih baik memilih sepatu dengan hak rendah.

baju kerja wanita

Klik »» Marlee Casula Heels Mocca – Everflow Formal Heels Black – Lagenza Formal Black Arlaine Snow Flat Shoes

 Langkah 13 

Pakailah perhiasan secara sederhana. Jangan memakai perhiasan secara berlebihan. Seuntai kalung, sepasang anting berukuran kecil serta sebuah cincin, sudah lebih dari cukup. Pada sisi yang lain, menggunakan jam tangan akan memberikan kesan yang baik bagi Anda. Anda tidak perlu membeli jam tangan Bvlgari untuk sesi tes wawancara kerja, yang terpenting adalah kualitasnya. 

baju kerja wanita

Klik »» Casio 1283 Silver Biru – Alba AH7A93/2 Silver – Bonia 10168 Rosegold Fossil Woman ES3995

 Langkah 14 

Pakailah make up untuk terlihat sederhana dan alami. Pada saat wawancara, tujuan memakai make up adalah untuk meratakan warna kulit dengan penambahan sedikit warna.

  • Pilih concealer alami dan netral untuk menyamarkan kekurangan kemudian ikuti dengan bedak berwarna netral untuk mengurangi kilap.
  • Gunakan blush yang sesuai dengan kebiasaan Anda, dengan warna warm-pink atau warm-peach sebagai pilihan terbaik.
  • Jika Anda menggunakan eye liner, coba pilih warna abu-abu terang dan cukup dititikkan saja di kelopak mata bagian atas.
  • Pilih warna lipstik yang pada dasarnya senada dengan warna dengan bibir Anda.
    Jaga riasan Anda agar tetap ringan. 

 Langkah 15 

Terakhir, bawalah tas kerja agar Anda terlihat lebih profesional. Pilih warna-warna gelap dengan desain yang modern. Bahan kulit selalu merupakan pilihan bagus.

baju kerja wanita

Klik »» Palomino Hand Bag Plum – Palomino Hand Bag Black – Gobelini Flap Messenger Black Mango Tote Bag Black

Nah, demikian tadi, uraian artikel 15 Langkah Padu Padan Baju Kerja Wanita Untuk Tes Wawancara, sekarang Anda tidak hanya akan rapi, menarik dan percaya diri, namun juga, penuh motivasi sehingga dapat memberikan kesan terbaik saat wawancara kerja.

Lowongan Kerja? Klik »» Situs Informasi Lowongan Kerja 2017 terbaru – Sentrakerja