Wawancara kerja adalah saat yang sangat penting bagi kehidupan pria dan sangat esensial untuk memberikan kesan terbaik saat wawancara kerja. Pada waktu inilah, salah satu kualitas pria yaitu kemampuannya mencari nafkah dipertaruhkan. Pada semua bentuk komunikasi, beberapa detik pertama membentuk bagian terbesar dari kesan keseluruhan. Sisa waktu percakapan biasanya dihabiskan untuk konfirmasi ataupun membuang sebagian dari penilaian yang pertama. Artikel 12 Tips Penampilan Untuk Lulus Tes Wawancara Kerja Bagi Pria ini akan membantu untuk mendukung memberikan kesan pertama yang terbaik sehingga tidak perlu repot-repot memperbaiki kesan yang sudah ada.

Sebelumnya, jika Anda ingin membantu pasangan Anda. Baca juga artikel tips penampilan baju wawancara kerja untuk wanita dan baca juga artikel 30 pertanyaan wawancara kerja yang paling sering muncul untuk meyakinkan Anda lulus tes wawancara ini. Baiklah, berikut ulasan tips penampilan bagi pria.

1. Ketahui Budaya Kerja di Perusahaan

Pelajari tentang pengaturan pekerjaan, tempat dan gaya kerja kantor yang Anda lamar. Sebagai contoh, cara berpakaian pada perusahaan yang sangat bergantung kepada reputasi seperti kantor hukum, konsultan dan perbankan akan cenderung konservatif dan formal. Sebaliknya, untuk perusahaan industri kreatif, pakaian yang digunakan akan lebih tidak formal. Agar Anda tidak salah dalam memperkirakannya, tanyakan pada saat panggilan wawancara.

2. Rapihkan Penampilan Anda

Potong rambut Anda beberapa hari sebelum tanggal wawancara, atau paling tidak, dipangkas sekitar leher dan telinga. Hal ini untuk menghindari Anda tidak puas dengan gaya rambut setelah dipotong dan menjadi khawatir tentang potongan rambut Anda di wawancara.

Jika Anda menumbuh kumis atau janggut, yakinkan kerapihannya pada hari wawancara. Hati-hati ketika memotong, agar tidak sampai menimbulkan luka. Kumis atau janggut yang rapi akan menjadikan Anda lebih menarik, meningkatkan rasa percaya diri dan, sekali lagi, membebaskan Anda dari kekhawatiran tentang masalah-masalah yang kecil pada saat wawancara.

Pastikan kuku Anda dipotong dan disikat dengan rapi sehingga Anda tidak terlihat seperti setelah Anda memperbaiki motor atau kamar mandi sebelum datang pada sebuah wawancara. Kuku yang kotor dapat memberikan kesan kumuhnya cara hidup seseorang.

Beberapa item di bawah ini dapat membantu merapihkan penampilan Anda.

Tes Wawancara Kerja

Klik »» Imperial Classic PomadeWak Doyok OriginalPhilips Shaver Gunting Kuku Yangunik 

3. Jaga Bau Badan

Bau badan yang tidak sedap dapat merusak tes wawancara kerja Anda. Menggunakan deodoran setelah mandi dapat membantu Anda. Menjaga keharuman Anda saat wawancara dengan cologne atau parfum juga sangat membantu, namun demikian, disarankan untuk tidak banyak menggunakannya. Jenis wewangian yang disarankan adalah aroma yang tidak tajam dan lebih netral.

Beberapa item di bawah ini dapat membantu menjaga bau badan Anda.

Tes Wawancara Kerja

Klik »» Body Shop Deodorant Bvlgari Man EDT Body Shop EDT – Perry Ellis Deodorant

4. Kemeja

Pada saat memilih, perhatikan pas tidaknya kemeja, agar tidak terlihat terlalu ketat atau terlalu longgar dan terlihat lusuh. Perhatikan juga jenis bahan kemeja. Katun selama ini menjadi favorit karena mudah menyerap keringat dan nyaman untuk dipakai.

Warna sesuaikan dengan celana maupun jas Anda. Untuk amannya, pilihlah warna putih, biru dan warna lembut lainnya. Hindari untuk memilih warna yang terang.

Pria biasanya tidak terlalu memperhatikan kerah kemeja. Sebagai acuan, kerah dipilih sesuai dengan bentuk wajah seseorang. Jika wajah Anda tipis dan panjang, pilih kerah yang menyebar. Bagi mereka yang wajahnya berbentuk bulat atau yang memiliki bentuk tubuh yang lebar, pilih kerah klasik. 

Beberapa warna favorit diantaranya:

Tes Wawancara Kerja

Klik »» G2000 Dobby Twill ShirtJOBB Swiss-5JOBB Madrid-4 Mango Man Cotton Shirt

5. Jas

Apabila Anda berencana akan menggunakan jas. Cara yang terbaik untuk memilikinya adalah dengan memesan di penjahit. Hal tersebut disebabkan produsen masal tidak membuat pakaian menyesuaikan setiap pelanggan. Dengan mengukur dan memesan sendiri, Anda akan terlihat sempurna mengenakan setelan tersebut pada setiap kesempatan. Namun demikian, jika Anda memerlukannya dalam waktu cepat, Anda juga dapat membelinya dari toko.

Beberapa hal yang juga perlu diperhatikan saat Anda ingin membeli jas adalah jenis bahan dan warna dan desain. Untuk bahan, sangat dianjurkan untuk yang terbuat dari kain alami seperti wol, sedangkan untuk warna, pilih yang paling netral untuk wawancara pekerjaan ataupun waktu yang formal lainnya seperti warna biru tua dan warna hitam atau arang (charcoal). Contoh-contoh di bawah mungkin dapat memberikan ide untuk Anda.

Tes Wawancara Kerja

Klik »» The ExecutiveJOBB Izzue Edition

6. Dasi

Untuk wawancara kerja, warna dasi yang paling aman dan terbaik adalah warna klasik. Beberapa warna klasik yang dimaksud di sini adalah merah anggur, biru tua atau hijau. Anda dapat bereksperimen dengan warna, namun demikian, perlu kembali diingat bahwa dasi merupakan pelengkap dari keseluruhan pakaian sehingga faktor yang paling penting adalah mutu dan pola dari dasi. Berikut contoh-contoh dasi dengan desain klasik.

Tes Wawancara Kerja

Klik »» Tootal Maroon Tootal Black Gianni Paolo Dotted Green The Executive Dark Green

7. Sepatu

Ada sejumlah jenis sepatu pria, namun jenis sepatu klasik dan sederhana seperti sepatu hitam berujung bulat atau Oxfords, tetap menjadi pilihan yang terbaik untuk wawancara kerja. Sepatu-sepatu santai seperti Espassdrill ataupun Slip-on harus dihindari karena terlihat tidak profesional untuk tes wawancara kerja. Beberapa contoh sepatu klasik dan sederhana namun elegan dapat terlihat di bawah ini.

Tes Wawancara Kerja

Klik »» KEEVE Penambah Tinggi EVERBEST Pietra GINO MARIANI Danio 5HUSH PUPPIES Romade Black ZALORA Oxford Shoe Black ZALORA Oxford Shoe Dark Brown

8. Kaus Kaki

Kaus kaki Anda harus cocok dengan celana panjang dan / atau sepatu dengan warna terbaik yaitu warna-warna gelap solid. Jika Anda ingin memilih warna-warna lainnya, perlu diingat agar kaus kaki tidak menarik perhatian orang dan serasi terlihat di antara celana panjang dan sepatu. Berikut beberapa contoh acuannya.

Tes Wawancara Kerja

Klik »» PRIMA Stripe SocksFormal Navy Formal Dark NavyFormal Dark GreyFormal Brown

9. Perhiasan

Aturan umum yang berlaku untuk memakai perhiasan saat Anda akan datang ke wawancara kerja adalah “semakin sedikit, semakin baik”, terutama ketika Anda tidak menyadari selera dan sudut pandang pewawancara tentang masalah ini.

Pada sisi yang lain, menggunakan jam tangan akan memberikan kesan yang baik bagi Anda. Anda tidak perlu membeli jam tangan Rolex untuk sesi tes wawancara kerja, yang terpenting adalah kualitasnya. Pada saat memilih, pilih desain yang sederhana dan jam tangan digital ataupun sporty dengan lingkaran tachymeters dan zona waktu besar dan lain-lain. Berikut beberapa ide jam tangan.

Tes Wawancara Kerja

Klik »» FOSSIL FS4735 Chronograph Brown GUESS W0664G2 Classic Brown EXPEDITION E6715MC Limited EditionSEIKO 5 SNZG83 Stainless Steel & Black RADO R30927153 Crystal Series

10. Ikat Pinggang

Pilihlah ikat pinggang yang terbuat dari kulit dan sesuaikanlah dengan warna ataupun kualitas kulit sepatu Anda. Pilihlah desain ikat pinggang yang sederhana dan sebaiknya tidak ada dekorasi ataupun ornamen apapun pada ikat pinggang tersebut. Berikut contoh-contohnya.

Tes Wawancara Kerja

Klik »» LUTECE Executive Belt EAGLE Madder Auto BeltEAGLE Bulbuls Casual Belt LOMBARDI GIOVANNI Clamp Buckle BeltBYFORD Bega Belt

11. Telepon genggam

Pastikan untuk menonaktifkan dering pada ponsel Anda selama tes wawancara kerja. Yakinkan bahwa tidak ada yang dapat mengganggu saat Anda melakukan diskusi lamaran kerja Anda.

12. Tas

Jika Anda perlu membawa laptop atau dokumen (resume, referensi dll) untuk wawancara, tas portofolio akan menjadi pilihan terbaik. Hindari menggunakan tas yang kurang formal seperti ransel ataupun tas olahraga karena mungkin tidak mengesankan pewawancara Anda. Model-model tas berikut dapat memberikan kesan yang maksimal.

Tes Wawancara Kerja

Klik »» ZALORA Laptop Satchel ZALORA Saffiano Messenger GOBELINI Moreno Messenger ZALORA Strap Weekender PHILLIPE JOURDAN Logan

Demikian tadi, uraian artikel 12 Tips Penampilan Untuk Lulus Tes Wawancara Kerja Bagi Pria, sekarang Anda tidak hanya akan rapi, menarik dan percaya diri, namun juga, penuh motivasi sehingga dapat memberikan kesan terbaik saat wawancara kerja.

Klik »» Situs Informasi Lowongan Kerja 2017 terbaru – Sentrakerja.com